Hideo Kojima pembuat salah satu game series terbaik berjudul “Metal Gear Solid” dikabarkan telah membentuk sebuah studio game independen barunya. Dalam proyeknya yang pertama dengan bekerja sama dengan Sony, Kojima memberikan sedikit bocoran mengenai franchisenya bahwa franchisenya kali ini akan sedikit lebih berbeda.
Dalam interview publiknya yang
pertama setelah dikabarkan bahwa Kojima telah meninggalkan Konami usai pembuatan
Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, Kojima akan ikut bergabung pada studio
barunya bersama dengan artis Metal Gear Solid sebelumnya Yoji Shinkawa dan
produser Kenichiro Imaizumi. Keduanya akan berperan sebagai senior dalam
pengawasan art design dan produksinya.
Produser Ken Imaizumi (kiri), director Hideo Kojima
(tengah) dan artist Yoji Shinkawa (kanan) bersatu sebagai pemegang initi dari
Kojima Productions yang baru.
- Proyek PlayStation masih rahasia.
Kojima masih belum siap untuk
memberikan informasi detil mengenai apa yang Kojima Productions garap pada
proyek PlayStation. “Saya ingin membuat suatu hal yang sesuai dengan apa yang
diharapkan oleh orang-orang, tapi pada saat yang bersamaan akan ada yang belum
pernah mereka jumpai sebelumnya,” Ucap Kojima.
Yoji Shinkawa menambahkan, “kami
sedang menggarap sebuah franchise yang disukai dan memiliki karakter yang mudah
dikenal. Salah satu tujuan besar saya adalah, secara visual, dengan karakter
apapun yang kami buat, untuk melampaui, untuk lebih dikenali, untuk lebih
disukai. Itu pastinya adalah salah satu tujuan yang saya miliki ketika berada
dalam bidang seni.”
Dalam proyek pertamanya, Kojima
berkata, “Saya membayangkan skala yang lebih kecil, tidak terlalu banyak orang,
dan fokus pada pembuatan game pada awalnya.” Dari sini, Kojima mengatakan bahwa
studionya bisa saja berkembang melampaui games.
Dengan terbentuknya Kojima
Production yang baru ini, mereka berencana untuk membuat sebuah studio yang
akan digunakan untuk membuat game-game yang berkualitas tinggi.
Logo baru Kojima Production
Inilah logo dan wajah baru dari
Kojima Production, logo ini bisa dibilang sebagai perubahan drastis dari logo
sebelumnya yang terlihat relatif lebih simpel. Logo yang sebelumnya berupa Fox
atau rubah kini diganti dengan sebuah skull atau tengkorak yang dilapisi dengan
sesuatu yang mekanis.
- Studio baru Kojima masih belum menentukan engine apa yang akan mereka gunakan
Ketika masih bekerja sama dengan
Konami, Kojima dan timnya menciptakan Fox Engine, Sebuah software kerangka
kerja yang mengesankan dan mampu menciptakan grafis fotorealistik berkualitas
tinggi. Hal tersebut adalah usaha besar yang membutuhkan waktu pembuatan
beberapa tahun.
Itu saja beberapa informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Hideo Kojima, semoga dengan sedikit informasi ini dapat memperluas wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca.